Plang Nama MTS

Plang Nama MTS – Sangat dibutuhkan untuk mengenalkan suatu instansi ke banyak orang. Pada dasarnya, hal ini juga sebagai media promosi yang mudah dilakukan. Tidak hanya itu, plang nama sudah menjadi hal yang wajib digunakan pada sebuah tempat bisnis, sekolah, maupun instansi lainnya.

Pembuatan plang nama pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda perlu memperhatikan hal-hal seperti tempat yang ideal, ukuran, warna, bahan, dan lain-lain. Oleh karena itu, pastikan jasa pembuatan plang nama yang dipilih benar-benar berkualitas.

Plang Nama MTS

Bagaimana Plang Nama MTS yang Bagus?

Plang nama MTS pada dasarnya tidak hanya memuat nama instansi dan alamat saja. Beberapa plang nama juga bisa disertai organisasi-organisasi yang menaunginya. Oleh karena itu, pembuatan plang nama harus benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan.

Hal ini karena kebutuhan suatu instansi berbeda dengan instansi lainnya. Namun, plang nama yang baik pada dasarnya memuat bagian-bagian berikut ini.

  • Kerangka

Bagian yang merupakan dasar ini biasanya terbuat dari material yang keras. Contohnya adalah aluminium, besi, dan galvanis. Masing-masing material tersebut memiliki kelebihannya tersendiri. Kerangka harus dibuat dengan konstruksi yang tahan lama dan kuat.

Bagian ini layaknya pondasi yang bisa membuat plang nama tegap berdiri. Kerangka dari material besi adalah yang paling murah namun kekurangannya adalah mudah berkarat. Sedangkan kerangka dari material galvanis dan aluminium cenderung lebih mahal karena keawetannya.

Selain itu, bobot kerangka dari bahan ini relatif lebih ringan. Meskipun ringan, ketahanannya tidak perlu diragukan.

  • Cover

Cover merupakan bagian berupa dasar papan untuk menuliskan kata-kata yang diperlukan dalam sebuah plang nama. Material yang bisa digunakan untuk bagian cover ternyata cukup beragam. Misalnya akrilik, kayu, aluminium, dan seng.

Bagian cover biasanya dipasangkan pada bagian kerangka plang nama. Pemasangan bagian ini juga perlu dilakukan oleh ahlinya.

  • Gambar

Tidak hanya memuat tulisan, plang nama terkadang juga membutuhkan gambar sebagai penjelas. Pembuatan gambar ini biasanya menggunakan teknik printing, pengecatan, sablon, hingga stiker. Kualitas dan ukuran gambar benar-benar harus diperhatikan agar sesuai dengan cover.

  • Frame

Frame atau bingkai merupakan bagian yang akan mencengkeram cover pada pemasangan plang nama. Bagian ini biasanya dibuat dari bahan plat tipis yang tahan lama seperti aluminium atau seng. Pemasangan bagian bingkai, kerangka, dan cover biasanya dilakukan dengan manual ataupun las.

Bagaimana Menentukan Ukuran Plang Nama MTS?

Ukuran menjadi salah satu pertimbangan yang utama sebelum melakukan pemasangan plang nama, ukuran yang dibuat harus benar-benar ideal dengan ketersediaan lahan. Selain itu, perhatikan pula lokasi pemasangan benar-benar pas dan tidak menghalangi orang lain.

Perlu diingat, panjang dan tinggi plang nama akan mempengaruhi elemen-elemen lainnya. Diantaranya adalah frame,cover, hingga dimensi tulisan dan gambar yang akan dipasang. Agar bisa menentukan ukuran yang pas, Anda harus memperhatikan jarak pemasangan dan jarak baca.

Jarak tersebut bisa diperhitungkan dari depan mts maupun penglihatan dari seberang mts. Pastikan huruf dan logo mts benar-benar dapat dilihat dengan mudah oleh orang yang lewat. Terutama oleh para pengendara yang lewat.

Salah satu triknya Anda bisa menggunakan kertas HVS untuk membuat patokan pengukuran tulisan dan gambar plang nama yang akan dipasang.

Material Cover Plang Nama Apa yang Paling Bagus?

Cover menjadi salah satu bagian penting dalam elemen plang nama. Cover menjadi dasar yang akan mempengaruhi tampilan tulisan dan gambar. Pembuatan cover yang baik dapat membuat plang nama yang berkualitas. Oleh karena itu, Anda perlu memilih bahan yang berkualitas untuk cover.

Namun, apa material cover plang nama yang paling bagus? Untuk mengetahuinya, simak jenis-jenis material pembuat cover berikut ini.

  • Akrilik

Material ini sekilas seperti bahan kaca. Namun ciri khas akrilik adalah lebih lentur dan kuat. Tak heran jika material ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membuat cover plang nama. Material ini memiliki keunggulan terhadap perubahan cuaca dan serangan rayap.

Selain itu, banyak yang menyukai bahan ini karena ringan sehingga tidak terlalu membebani kerangka. Namun, kekurangannya adalah harganya yang cukup mahal. Harga cover dari material akrilik juga tergantung pada ketebalannya.

Tampilan plang nama dengan material ini bisa memberikan kesan modern dan elegan.

  • Kayu

Material ini juga cukup banyak digunakan untuk membuat plang nama mts. Pilihan bahan kayu yang disediakan pun cukup beragam. Contohnya potongan kayu utuh maupun bahan dari triplek. Kelebihan material ini adalah harganya yang terjangkau.

Namun pada dasarnya dilihat pula dengan jenis kayu yang digunakan. Plang nama dari kayu sebenarnya juga dapat memberikan kesan elegan pada mts. Namun, kekurangannya adalah bahan ini tidak tahan terhadap perubahan cuaca dan serangan rayap,

Untuk menjaga ketahanan plang nama kayu, dibutuhkan proses finishing yang tepat. Selain itu, perawatan secara berkala pun dibutuhkan.

  • Aluminium

Material aluminium juga banyak dipakai untuk membuat cover plang nama. Bahan ini dikenal cukup kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Selain itu, aluminium juga tahan terhadap serangan serangga seperti rayap,

Agar plang yang dibuat semakin kuat, kerangka juga bisa dibuat dari bahan yang sama. Ketebalan yang ideal untuk aluminium biasanya sekitar 1-20 mm. Semakin tebal ukuran aluminium, bobotnya akan semakin berat dan kuat.

  • Seng

Seng memiliki karakteristik yang mirip seperti aluminium. Perbedaannya adalah kandungan bijih besi pada aluminium lebih banyak. Namun seng cenderung mudah mengalami karatan karena perubahan cuaca.

Oleh karena itu, dibutuhkan lapisan khusus anti karat untuk membuatnya awet. Material seng banyak dipilih bagi yang ingin membuat seng dengan harga ekonomis.

Teknik Penggambaran untuk Plang Nama

Penggambaran tulisan dan gambar untuk plang nama cukup beragam. Namun teknik yang banyak dilakukan adalah dengan cara mengecat pada cetakan yang sudah dibentuk. Metode ini biasanya digunakan untuk bahan cover dari seng, kayu, maupun, aluminium.

Sedangkan jika bahan baku cover dari akrilik, penggambaran dilakukan dengan menempelkan stiker. Stiker tersebut harus disesuaikan dengan ukuran cover yang dibutuhkan. Jenis stiker yang digunakan biasanya berupa cutting laser yang dikenal lebih tajam dan jelas.

Saat ini juga sudah tersedia printer khusus untuk mencetak tulisan yang dibutuhkan untuk membuat plang nama. Terutama untuk bahan cover dari akrilik. Keunggulan metode penempelan stiker adalah mudahnya melakukan custom desain dengan berbagai media dan warna.

Material Apa yang Sebaiknya Dipilih untuk Plang?

Menentukan material untuk plang nama salah satunya bisa dilihat berdasarkan budget yang dimiliki. Ketersediaan dana yang Anda miliki akan mempengaruhi material apa yang sebaiknya digunakan untuk plang. Harga yang ditawarkan penyedia jasa pembuatan plang tentunya beraga,.

Apabila dana Anda terbatas, material dari besi atau seng dengan finishing cat bisa dijadikan pilihan. Selain itu, material dari kayu juga bisa digunakan jika Anda ingin memberikan kesan artistik.

Pada dasarnya apapun material yang dipilih, pastikan jasa pembuatan plang menyediakan bahan yang bagus. Sinergimedia.com telah berkomitmen menyediakan material berkualitas untuk plang nama.

Diantaranya adalah material besi, aluminium, kayu, galvanis, dan akrilik. Semua material terbukti berkualitas sehingga sangat pas untuk dijadikan plang nama.

Memilih plang nama MTS memang perlu mempertimbangkan banyak hal. Selain ukuran dan bahan, Anda juga harus memperhatikan lokasi pemasangannya agar benar-benar efektif sebagai media promosi.

Leave a Reply

×